Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

Seberapa penting fungsi dan peran Sumber Daya Alam terhadap pembangunan ekonomi? Untuk memahami pentingnya sumber daya alam terhadap pembangunan ekonomi, marilah kita belajar dari sejarah yang menunjukkan bahwa masyarakat di suatu tempat dapat mencapai kemakmuran karena berhasil memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Misalnya, penduduk di Kalimantan dapat mengolah batu bara dan emas, itu semua akan menghasilkan pendapatan bagi mereka atau di Riau dengan tambang minyaknya. Sampai sekarang masih banyak orang yang mengatakan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan suatu negara mengalami kemiskinan adalah karena tidak cukupnya sumber-sumber alam yang dimilikinya.

Memang benar, rendahnya pendapatan di suatu daerah antara lain disebabkan oleh minimnya sumber-sumber alam yang tersedia baik dalam arti jumlah, jenis maupun kualitasnya. Tanpa adanya sumber-sumber alam di suatu negara, maka tidak akan banyak harapan negara tersebut untuk berhasil dalam pembangunan ekonominya dan begitu juga sebaliknya. Contoh sejarah nusantara menunjukkan bahwa beberapa kerajaan seperti Kahuripan dan Singosari yang memanfaatkan air sungai Brantas untuk irigasi, ternyata membawa kemakmuran.

Sumber Daya Alam sangat penting

Berdasarkan uraian di atas Sumber Daya Alam sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Sebelum membahas lebih jauh mari kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari Sumber Daya Alam. Sumber Daya Alam merupakan segala macam sumber daya yang sifatnya heterogen dan kompleks, baik yang berwujud sumber daya alam yang siap dipakai maupun yang tersimpan di dalam alam. Sumber daya alam meliputi semua sumber daya yang terdapat di bumi, baik benda hidup maupun benda mati, yang berguna bagi manusia dan pengelolaannya harus memenuhi kriteria-kriteria: teknologi, ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Sumber Daya Alam hayati

Sumber Daya Alam sendiri terdiri dari Sumber Daya Alam hayati dan non hayati. Maksud sumber daya alam hayati adalah semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia, diantaranya: bahan makanan (padi, sagu, gandum, tebu), bahan bangunan (jati, mahoni), bahan bakar (kelapa sawit, jarak), dan obat (jahe, kina, kunir).

Terkait dengan fungsi dan peran sumber daya alam hayati, kamu perlu mengetahui bahwa Indonesia dikenal sebagai negara agraris, karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Indonesia memiliki lahan seluas lebih dari 31 juta ha yang telah siap tanam, dimana sebagian besar lahan tersebut dapat ditemukan di Pulau Jawa.

Pemanfaatan SDA hayati yang berupa hewan, dapat digunakan sebagai pembantu pekerjaan berat manusia, misalnya kerbau dapat digunakan sebagai alat bantu pengolah tanah sawah, kuda dapat digunakan sebagai alat bantu transportasi dan lain sebagainya. Sebagian besar masyarakat di Indonesia menggantungkan hidupnya dari sektor agraris, misalnya bercocok tanam, beternak, ataupun lainnya.

Petanian

Dapat diambil kesimpulan bahwa pertanian adalah sektor penting di Indonesia dengan beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Pertanian di Indonesia merupakan potensi SDA yang besar dan beragam.
  2. Pangsa terhadap pendapatan nasional, cukup besar.
  3. Besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini.
  4. Menjadi basis pertumbuhan pedesaan di Indonesia.

Sumber : Pensil