Pengertian Sistem Endokrin

Pengertian Sistem Endokrin

Dalam tubuh manusia terdapat kelenjar, enzim dan beberapa bagian penting yang mempengaruhi kestabilan tubuh. Salah satu kelenjar yang memiliki pengaruh dalam tubuh adalah kelenjar endokrin. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang tersusun atas susunan sel mikro yang sangat sederhana yan terdiri atas jaringan ikat halus yang mengandung pembuluh kapiler.Kelenjar endokrin adalah sebuah organ yang memproduksi zat aktif (hormone), yang dilepaskan melaluai darah. Zat aktif ini akan mengatur kerja sebuah organ atau bahkan beberapa organ sekaligus. Sifat kerja hormone adalah bekerja sebagai control umpan balik, bekerja pada spesifik target, dan memiliki mekanisme kerja  tertentu.Sistem endokrin adalah suatu sistem dalam tubuh manusia yang bertugas untuk melakukan sekresi (memproduksi) hormon yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan organ-organ dalam tubuh manusia sesuai dengan yang dibutuhkan organ tersebut. Hasil sekresi berupa hormon ini langsung masuk ke dalam pembuluh darah manusia tanpa harus melalui saluran (duktus).Sistem endokrin terbagi menjadi beberapa kelenjar endokrin yang jika dalam satu kesatuan disebut denngan sistem endokrin. Jadi, sistem endokrin merupakan gabungan dari beberapa kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin itu sendiri ada yang mengahasilkan satu macam hormon tunggal, dan juga menghasilkan beberapa hormone ganda.

Fungsi Sistem Endokrin

Seiring dengan saraf, sistem endokrin berfungsi untuk mempertahankan hemostasis selama istirahat dan olahraga. https://passinggrade.co.id/ Saraf dan sistem endokrin juga bekerja sama unttuk memulai dan mengendalikan gerakan, dan semua gerakan yang melibatkan proses fisiologis.

Dimana sistem saraf bertindak cepat (hamper seketika) menyampaikan pesan impulls saraf , sistem endokrin memiliki respon lebih lambat tapi lebih tahan lama dari impuls sistem saraf.