PERAN DAN DAMPAK PENGGUNAAN TIK

PERAN DAN DAMPAK PENGGUNAAN TIK

Dalam era globalisasi yang semakin menguat, penguasaan terhadap Teknologi Komunikasi dan Informasi merupakan keharusan yang tak lagi bisa ditawar. Teknologi diyakini sebagai alat pengubah. Sejarah membuktikan evolusi teknologi selalu terjadi sebagai tujuan atas hasil upaya keras para jenius yang pada gilirannya temuan teknologi tersebut diaplikasikan untuk memperoleh kemudahan dalam aktivitas kehidupan danselanjutnya memperoleh manfaat daripadanya. Teknologi Informasi Komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kualitas sumber  daya  manusia dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Teknologi informasi mempunyai tiga peranan pokok:

  1. Instrumen dalam mengoptimalkan proses pembangunan, yaitu dengan memberikan dukungan terhadapmanajemen dan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Produk dan jasa teknologi informasi merupakan komoditas yang mampu memberikan peningkatanpendapatan baik bagi perorangan, dunia usaha dan bahkan negara dalambentukdevisa hasil eksport jasa danproduk industry telematika.
  3. Teknologi informasi bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, melalui pengembangan sisteminformasi yang menghubungkan semua institusi dan area seluruhwilayah nusantara.

Teknologi informasi dan telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara laindalam bidang pendidikan, ekonomi, pemerintahan dan sosial. Dampak positif pemanfaatan teknologi informasidan telekomunikasi antara lain:

PERANAN TIK DALAM PENDIDIKAN

  1.  Manfaat TIK dalam bidang pendidikan antara lain :
  • Berbagihasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
  • Konsultasidengan pakar, konsultasi dengan para ahli di bidangnya dapat dilakukan dengan mudahwalaupun ahli tersebut berada di tempat yang sangat jauh.
  •             Perpustakaan online, perpusatakaan online adalahperpustakaan dalam bentuk digital
  • Diskusi online. Diskusi online adalahdiskusi yang dilakukan melalui internet.
  • Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
  1.  Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi pelajarantara lain :
  • Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
  • Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
  • Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu
  • Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
  • Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.
  1.  Keuntungan pemanfaatan TIK bagi penyelenggara pendidikan antara lain :
  • Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain
  • Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta didik
  • Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
  • Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.

PEMANFAATAN TIK DALAM BIDANG EKONOMI

 

Pemanfaatan TIK sangat membantu dalam bidang perekonomian. Fedex adalah salah satu perusahaan jasakurir yang memanfaatkan sistem informasi untuk mengawasi sampai dimana barang yang dikirimkan melaluibantuan internet. Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru antara lain internet banking, SMS banking, dan M-dagang.

  1. Internet banking

Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transakasi yang dapat dilakukanadalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan. Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain :

  1. Menghematwaktu, karenatidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi
  2. Menghematbiaya, karenatransportasi menuju ke bank dapat dihilangkan.
  3. Lebihcepat, karena tidak perlu menunggu antrean yang banyak.
  1. SMS Banking

Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short Message Service ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.

  1.  M-Dagang

M-dagang atau M-Commerce (Mobile-Commerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) denganmenggunakan peralatan portabel/mobile seperti: telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain-lain. Padasaat pengguna komputer berpindah dari satu tempat ke tempat lain (sewaktu berada dalam mobil, misalnya), penggunakomputer tersebut dapat melakukan transaksi jual beli produk di Internet dengan menggunakan sistem m-dagang ini. Selain m-dagang, istilah lain yang sering dipakai adalah m-bisnis (Mobile Business atau m-business).

Dasarnya, m-dagang adalah gabungan dari perdagangan elektronik (e-dagang) dengan mobile computing. Bisadikatakan bahwa m-dagang ini adalah e-dagang yang berada dalam lingkungan nirkabel. Seperti halnya e-dagang padaumumnya, penggunaan m-dagang bisa ditransaksikan melalui Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu pintar, daninfrastruktur lainnya.

dagang membuka peluang untuk memberikan layanan baru bagi customer yang telah ada, danuntuk menarik customer baru.

Ø  PERANAN TIK DALAM PEMERINTAHAN

Tujuan e-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain. Bentuk-bentuk hubungan pemerintahan dalam pemanfaatan TIK antaralain :

  1. G2C (government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untukmelayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayanikependudukan dan administrasi.
  2. G2B (government to business), adalah pemanfaatan TIK untukmelayani kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izinusaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
  3. G2G (government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dansebagainya.

Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan memiliki keuntungan antara lain :

  1. Meningkatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus menunggukantor buka.
  2. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi mudahdiperoleh.
  3. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan.
  4. Meningkatkan transparansi pemerintahan.

Sumber : https://tanpaiklan.com/gbwhatsapp-pro/